Santri & Pesantren

Santri Salaf Menjawab 3

Rp 225.000

Beli
SHORT DESC.

Buku ini akan menjadi panduan bagi umat Islam untuk menjalani rutinitas hidupnya, baik yang berkenaan dengan dirinya sendiri, atau hubungan dengan Tuhannya, maupun hubungannya dengan orang lain. Dengan demikian, seharusnya buku ini menjadi daftar pertama sebagai bahan wajib bagi setiap Muslim.

Guru Ngaji Langgar

Rp 50.000

Beli
SHORT DESC.

Pendidikan langgaran memang tidak memiliki kurikulum layaknya pendidikan formal. Tapi, peran pendidikan ini tidak bisa diabaikan. Ilmu yang dipelajari berkenaan langsung dengan sikap, perilaku, dan amalan ibadah sebagai umat beragama. Penanaman nilai akhlak menjadi ciri pendidikan kaum sarungan. Santri diajarkan tentang sikap, tata krama, sopan santun, tawadlu' serta menghormati yang tua dan menghargai yang muda. Terutama kepada orang tua dan guru mereka.

Laskar Ulama-Santri dan Resolusi Jihad

Rp 110.000

Beli
SHORT DESC.

Para kyai dan santri ini kembali ke pesantren dan mendidik masyarakat. Diantara pesantren yang menjadi pusat benteng pejuang dalam perang kemerdekaan. Yaitu, pesantren Lirboyo, Al-Hikmah Kediri, Sidogiri Pasuruan, Al-Muayyad Surakarta, Al-Hikmah Brebes, Gambiran dan Pulosari Lumajang. Walaupun peranan pesantren, ulama dan santri pada masa awal kemerdekaan dalam buku ini dijelaskan begitu jelas. Namun, kita belum bisa melacak secara gamblang dalam sejarah nasional kita, apalagi menemukan dalam buku ajar sejarah di sekolah hingga perguruan tinggi.

Inilah Dalilnya

Rp 86.000

Beli
SHORT DESC.

Menabuh rebana, dzikir berjamaah, peringatan maulid Nabi, ziarah kubur, kenduri arwah, merupakan beberapa contoh amalan kaum santri yang telah mendarah daging dalam diri umat Islam tanah air. Dewasa ini ada sebagian orang yang mempertanyakan kebenaran amalan tersebut dan bahkan tidak jarang menghakiminya sebagai budaya bid'ah yang sesat dan pelakunya merupakan penghuni Neraka.

Liberalisasi Islam Di Pesantren

Rp 45.000

Beli
SHORT DESC.

Banyak buku-buku yang berupaya memposisikan pesantren dalam ungkapan manis yang menjebak, semisal menyatakan posisi pendidikan kultural, moderat, toleran, memiliki wawasan kebangasaan yang kuat dan lain sebagainya. Slogan-slogan klise semacam ini kadangkala membuat orang-orang pesantren terjebak. 

Santri Salaf Menjawab 1

Rp 225.000

Beli
SHORT DESC.

Buku besar keputusan Bahtsul Masail ini merupakan hasil studi fikih selama lebih dari sepuluh tahun, mencakup lebih dari 850 persoalan, meliputi bidang akidah, ibadah, muamalah, politik-kenegaraan, sosial-kemasyarakatan, hukum, pidana, seni bidaya, life-style etika, dan problematika aktual yang lain.

Santri Salaf Menjawab 2

Rp 225.000

Beli
SHORT DESC.

Buku Besar keputusan Bahtsul Masail yang disuguhkan oleh Tim Kajian Fikih Pondok Pesantren Sidogiri ini menguraikan secara detail terhadap hampir sembilan ratus permasalahan, mencakup bidang keagamaan, sosial-kemasyarakatan, budaya, ekonomi, politik dan kenegaraan. Studi fikih yang dilakukan secara kontinyu dalam kurun waktu lebih dari sepuluh tahun ini, telah menghasilkan kitab kompilasi hukum yang terdiri dari seribu halaman lebih, menyajikan jawaban yang tepat lagi akurat terhadap berbagai persoalan aktual yang mengemuka di tengah-tengah masyarakat, yang sama sekali berbeda dengan edisi yang pertama.

Dari Pesantren Untuk Umat

Rp 35.000

Beli
SHORT DESC.

Memang, akibat pengaruh globalisasi, tugas yang dipikul pesantren tidak lagi ringan. Pesantren kini tidak boleh hanya sekadar menelorkan santri-santri yang mampu menggali khazanah keislaman dari literatur-literatur yang berbahasa Arab (Kitab Kuning), tetapi juga harus sanggup menggali aneka ilmu pengetahuan dari literatur-literatur yang berbahasa Inggris (Kitab Putih). Ini penting dilakukan, agar kelak lahir generasi bangsa yang unggul di bidang agama dan master di bidang sain dan teknologi. Dan, pesantren tidak mengalami intellectual deadlock (kebuntuan intelektual).

Mengapa Saya Harus Mondok Di Pesantren?

Rp 50.000

Beli
SHORT DESC.

Pesantren memiliki sekian banyak keunikan yang hampir menjadi misteri. Sulit dirumuskan menjadi teori. Menyimpan sekian banyak rahasia yang membuatnya menjadi satu-satunya pola pendidikan agama yang berhasil melahirkan ulama-ulama hebat di sepanjang sejarah perkembangan Islam di Nusantara.