Liberalisasi Islam Di Pesantren


Jumlah

Ketersediaan : Tersedia

Rp 45.000

Beli

Liberalisasi Islam Di Pesantren 

Banyak buku-buku yang berupaya memposisikan pesantren dalam ungkapan manis yang menjebak, semisal menyatakan posisi pendidikan kultural, moderat, toleran, memiliki wawasan kebangasaan yang kuat dan lain sebagainya. Slogan-slogan klise semacam ini kadangkala membuat orang-orang pesantren terjebak. Sehingga, ada saja diantara mereka yang memilih mengabaikan isi 'kitab kuning' yang jelas, demi menegakkan slogan-slogan tidak jelas yang dihembuskan oleh para pengamat pesantren.

Barangkali itulah akar yang menyebabkan munculnya beberapa oknum pesantren yang menjadi pembela liberalisme, sekularisme, sangat alergi terhadap penerapan syariat, dan lain sebgainya.Di buku ini, khususnya di dua bab terakhir, bisa menggugah anak-anak pesantren agar bangkit melawan arus pemikiran Islam yang modern yang bertentangan dengan aqidah Ahlussunnah Wal-Jama'ah. Hal itu sangat perlu, mengingat adanya beberapa anak pesantren yang justru latah dengan kebarat-baratan, karena menganggapnya sebagai hal baru yang bergengsi.

Kita harus mengakui bahwa Barat memang lebih maju dalam bidang teknologi & sains, dan kita mesti banyak belajar mengenai hal itu dari mereka. Namun, harus kita sadari pula bahwa Barat sangat jahiliyah dalam moralitas. Oleh karena itu, dalam konteks pemikiran, filsafat ketuhanan & filsafat moral, kita tidak boleh latah terhadap Barat. dalam hal ini, mereka jauh berada di belakang & di bawah kita.

Kecenderungan semacam ini bisa muncul jika identitas pesantren belum tertanam kuat dalam diri para santri. Disamping itu, ada semacam kurang percaya diri yang menghinggapi anak - anak pesantren untuk berkiprah & memasarkan pandangan hidup pesantren dalam segala lini kehidupan. Ini tidak boleh terjadi, karena meskipun watak dasar orang-orang pesantren adalah rendah hati, akan tetapi mereka tidak boleh rendah diri.

Keterangan;
Cover : Soft Cover
Jenis Kertas : HVS 70 Gram
Penulis : Mohammad Achyat Ahmad
Tebal : 367 Halaman
Ukuran : 13,5 x 19,5 cm